Senin, 06 Juni 2011

KOLEKSI SEPEDA KUNO

Seperti pendatang baru dipersepeda kuno-an pada umumnya,saya segera berburu sepeda tanpa disertai pengetahuan yang memadai tentang sepeda lawas itu sendiri.Yang penting pada saat itu segera memiliki sebuah sepeda lawas.Maka sepeda lawas pertama yg saya temukan adalah sebuah rongsokan raleigh,yang ternyata milik salah seorang teman guru.Singkat cerita raleigh dames hijau tua itu segera boyongan dlm kondisi terurai ke rumah.Kesulitan pertama dalam merekonstruksi segera datang satu persatu, mulai dari isi rumah presneling yg udah oblak,pelatuknya pada aus.Kesulitan lain forknya ga mau kencang kalau dipasang,shgga roda cenderung melotrok lepas.Perbaikan yang lain system rem,di mana tangkai-tangkai dan olor kawat pada hilang.Tapi setelah berusaha selama sebulan,persoalan tsb dapat di atasi. Sepeda onthel pertama itu ku repaint hijau tua metalic. Sedikit keluar dari pakem aslinya yg belum mengenal metalic.Selama restorasi itu saya sudah mendapatkan lagi 5 buah sepeda lain,yaitu satu sepeda model sport tanpa merek yg unik dan langka (saya duga merek BATAVUS,berdasarkan bentuk boncengannya yg menyatu dengan garpu gapit belakang atas dan bawah.Kedua sepeda Humber herren hijau,ketiga sepeda dames dengan dua tube(penyanggah) tanpa merek(belakangan saya duga itu GRUNO,melihat lehernya yang panjang,dan  dan bentuk slebornya),ke empat dan kelima adalah sepeda heren dan dames merek BURGERS ,yg saya peroleh dari internet.Hari-hari saya selanjutnya seakan sudah tidak terlepas lagi dari berburu sepeda kuno.Ada saja yang mencuri minat saya untuk mendapatkan sepeda kuno.Terutama dari internet. Terus terang TOKO BAGUS merupakan situs bacaan harian saya. Di situ tiap hari ada sekitar 10 item baru yang berhubungan dengan sepeda kuno ,dijual. Paling tidak saya sudah membeli 2 sepeda lewat situs tersebut, dan puluhan asesoris sepeda kuno. Pembelian lewat internet yang hanya berdasarkan gambar bukannya tanpa masalah. Katakanlah 7 dari 10 item yang dibeli, pasti tidak seperti yang diharapkan (lebih dari separo prosentasinya). Oleh karena itu perlu tanya jawab yg tajam dan tak perlu sungkan2 jika ingin membeli sesuatu dari internet,terutama barang bekas. Untuk urusan sepeda kuno,mana ada item yg bukan barang bekas??? Kecuali sesekali dapet yang NOS.

1 komentar: